Minggu, 25 Februari 2018

Cara Menulis "Dream Book" yang Benar dan Terukur, Jangan Takut Bermimpi!

Jika anda telah mencatatkan secara rinci apa yang hendak diraih nanti di dalam buku impian anda, Selamat Anda termasuk kedalam kelompok 3% orang yang sukses menyebutkan goal atau tujuannya. Pernah ada riset yang menganalisis kekuatan dari goal yang tertulis.

Cara Menulis "Dream Book" yang Benar dan Terukur, Jangan Takut Bermimpi!

Berdasarkan keterangan dari penelitian, dalam satu sekolah diberi tugas menyebutkan goalnya apa yang akan diraih dalam kehidupannya, ternyata terdapat 3% anak yang menyebutkan goalnya dan 97% sisanya tidak menyebutkan goalnya, setelah 30 tahun,penelitian itu berlanjut, dianalisis lagi, anak yang menyebutkan goalnya tadi lebih berhasil dari pada anak yang 97%.

Setelah dianalisis lagi jumlah kekayaannya andai digabungkan, anak yang 3% itu memiliki kekayaan melebihi dari jumlah total kekayaan anak yang tidak menyebutkan goalnya. Jadi total kekayaan anak 3% melawan total kekayaan anak 97%, dan ternyata yang 3% ini menang.

Pernah ada riset lagi, bahwa dana yang beredar didunia ini dikuasai tidak lebih dari 5% orang dari jumlah warga didunia. Jadi memang orang-orang yang sukses tersebut ialah orang-orang yang minoritas yang memiliki dedikasi dan destinasi yang jelas dalam hidupnya.

Bagaimana dengan anda? Sudahkan menciptakan dan menyebutkan goal anda dengan jelas? Inginkah anda menjadi anak yang 3% tadi?

Setelah menyebutkan goal, anda harus selalu meninjau kembali goal yang sudah ditulis. Hal ini akan mempercepat pencapaian dari goal itu sendiri, ada sejumlah cara yang seringkali dilakukan, yaitu belajar atau bekerjasama dengan orang yang telah menggapai posisi tersebut.

Kita pun dapat membuat wish list, atau list harapan di tahun 2018 ini. Hal ini harus dilakukan secara tertulis dan alamatkan untuk diri sendiri dan Tuhan kita, supaya list anda dapat tercipta oleh alam semesta ciptaan Tuhan.

Berdasarkan keterangan dari penelitian lagi, bahwa visualisasi berakibat positif dalam kehidupan nyata sebesar 7 kali, jadi bila kita memvisualisasikan apa yang hendak kita capai dalam 1 jam, maka hal ini dominan positif sama-halnya jika kita menjalani kegiatan atau usaha nyata kita selama 7 Jam. Ingatlah bahwa alam bawah sadar anda tidak dapat memisahkan antara empiris nyata dengan empiris yang anda visualisasikan.

Bagaimana mendesain dream book tersebut?

1. Sebelum membuat dream book, lebih baik anda mencari dahulu kejelasan diri, apakah destinasi dan gairah anda dalam hidup ini? Dibawah ini ada sejumlah pertanyaan yang perlu anda jawab,

Kapankah masa-masa saya akan merasa menjadi orang yang paling bahagia?

Buatlah list kejadian yang sudah pernah kita alami, ketika anda merasa paling bergembira dan apa yang menyebabkan kita menjadi gembira ketika itu. Setelah itu jawablah pertanyaan ini :

  • Apa bakat alami anda
  • Apa kemampuan & bakat terbesar anda
  • Apa yang senang anda lakukan
  • Kapan anda merasa hidup
  • Gairah terbesar anda
  • Apa yang menyebabkan kegembiraan dalam hidup anda
  • Kapan anda merasakan keadaan yang paling baik
  • Apa kekuatan dan ciri khas diri anda
  • Apa yang orang lain katakan terhadap anda
  • Saat yang bagaimana anda nyaman terlibat dengan orang lain?
  • Apa yang hendak anda rubah di dunia ini, mampukah anda?

Setelah Semua pertanyaan diatas terjawab, saatnya anda simpulkan menjadi 2 -3 kalimat yang mencerminkan akan destinasi hidup diri kita. Setelah anda membuat kalimat tersebut, maka anda akan tahu siapa diri anda, dan apa yang akan anda inginkan kemana arah hidup anda. Hal itu trik untuk membuat visi dan misi hidup anda.

Setelah memahami tujuan hidup anda maka saatnya anda memperjelas impian-impian yang hendak kita capai. Ada 7 kunci Goal dan Tujuan dalam hidup ini yang dapat berdampak pada hidup anda, yaitu :

  1. Goal Pribadi, ialah sesuatu yang hendak kita miliki, apa menjadi apa
  2. Relationship, ialah bagaimana hubungan kita bersama pasangan kita, keluarga, teman, kerabat dll
  3. Kebugaran & kesehatan tubuh, ialah agar kita sehat, bagaimana berat badan ideal anda.
  4. Karier dan pendidikan, ialah bagaimana kegiatan kita,sekolah kita, rencana karier kita
  5. Rekreasi, ialah apa yang hendak anda kunjungi ketika berlibur, olah raga kegemaran anda, kegemaran yang anda tekuni.
  6. Keuangan, ialah berapa pendapatan yang hendak anda capai, berapa simpanan anda, berapa investasi anda
  7. Kontribusi untuk masyarakat, ialah apa yang hendak anda sampaikan untuk masyarakat secara cuma-cuma,perbuatan baik apa lagi yang hendak anda lakukan

Setelah memahami ke 7 goal dalam hidup ini, maka anda diharuskan untuk selalu konsentrasi dan berfikir positif, tidak boleh berfokus kepada hal-hal yang tidak anda inginkan.

Langkah selanjutnya, buatlah 101 goal atau tujuan yang akan anda capai. Pilih dari 101 goal itu yang akan anda prioritaskan.

Setelah memilih goal itu carilah gambar yang menginspirasi diri anda akan goal yang anda akan capai.

Setelah gambar dipilih maka, cetaklah gambar tersebut memakai kertas foto. Tempelkan gambar itu di buku impian anda. Dream book dapat anda buat ukuran dobel folio.

Tempelkan gambar2 yang cocok apa hendak anda capai. Setelah gambar ditempel, silahkan pilih ucapan-ucapan yang mengispirasi lalu tempelkan bersama foto-foto tersebut. Tambahkan foto anda dan juga keluarga anda supaya menyatu dalam dream book anda.
Disqus Comments