Sabtu, 20 Januari 2018

Tips Menghias Ruangan Apartemen dengan Dana Minimal

Apakah anda termasuk penghuni apartemen? Trend apartemen memang kian ramai di Indonesia, termasuk apartemen mungil yang ukurannya tidak luas dan pas-pasan.

Beberapa keunggulan apartemen mungil ini antara lain ongkos sewa yang lebih rendah, tempat yang strategis ke pusat kota dan pesona ruang minimalis yang hangat, bila anda pintar mendekorasinya dengan tepat.

Salah satu persepsi salah tentang ornamen atau dekorasi apartemen mungil itu intinya tentang fungsionalitas, bukan pada desain. Padahal menghias apartemen mungil tidak sealu mengacu pada kegunaan ruang, boleh sesuai dengan gaya seperti apartemen canggih lainnya.

Tips Menghias Ruangan Apartemen dengan Dana Minimal
Pada prinsipnya, menghias apartemen mungil itu mencari keserasian antara kegunaan dan desain yang nyaman. Utamakan furnitur yang multifungsi.

Pilih Furnitur Dengan Dual Fungsi

Maksimalkan ruang di apartemen mungil anda dengan memilih furniture multifungsi yang dapat berperan ganda. Berkat furniture yang canggih dan smart, anda dapat menghemat sedikit ruang di apartemen kecil tersebut.

Salah satu ruang di apartemen yang dapat mengaplikasikan furniture dengan peran yang ganda ini ialah di ruang tidur. Anda dapat memulai dari tempat tidur yang dapat dilipat menjadi tempat duduk, sampai kabinet minimalis dengan storage tersembunyi sekaligus dekor ruangan yang indah.

Ruang makan juga ialah salah satu ruang di apartemen yang bisa diaplikasikan dengan furnitur dual fungsi, mulai dari meja makan yang bisa dilipat sampai meja yang gantung untuk acara sarapan keluarga.

Dewasa ini sudah tidak sedikit perabot untuk ruang keluarga yang dapat disesuaikan dengan skala apartemen kecil. Yang penting anda harus pandai memadupadankan perabot, oleh karena itu wajib untuk memeriksa ukuran barang sebelum melakukan pembelian.

Konsep tempat penyimpanan yang vertikal

Saat memilih furnitur khusus untuk kepeluan storage (tempat penyimpanan), anda harus mempertimbangkan furnitur yang memiliki bentuk vertikal alias memanjang ke atas. Sistem storage vertikal merupakan solusi untuk meminimalkan ruang yang terbaik, khususnya untuk apartemen kecil yang minim ruang.

Maksimalkan dinding ruangan dengan langit-langit dengan membuat rak-rak di dinding apartemen. Anda boleh memilih 2 buah rak panjang yang ditempatkan sebagai partisi di kamar.

Pilih Palet Warna Netral Atau Terang

Untuk apartemen kecil, maka pilihlah warna netral atau cerah yang nyaman. Warna terang seperti putih, krim atau abu muda akan membuat ruangan lebih terang dan terlihat lenggang.

Jika anda menyukai aksen warna gelap, tempatkan di sudut ruangan akan tetapi jangan lupa untuk menambahkan furnitur berwarna muda agar terlihat indah.

Bermain Dengan Kontur Furnitur & Desain

Interior apartemen mungil tidak jarang terpaku pada garis lurus yang kaku. Oleh sebab itu, tambahkan relief yang berseni melalui furnitur dan desain tambahan lainnya.

Furnitur yang berbentuk melengkung dapat menghilangkan aura monoton dari ruang kecil di apartemen anda, misalnya meja makan berbentuk bundar atau sofa dan meja tamu dengan aksen sudut oval.

Bentuk natural lainnya juga dapat diaplikasikan dari aksesoris, seperti cermin di dinding, kursi malas, sampai area bersantai dengan rak unik agar tidak kaku bentuknya.

Bereksperimen Dengan Layer Desain

Ingin punya apartemen yang tampak hangat dan hidup? Fokus pada layer desain agar berkesan tiga dimensi. Contohnya dengan membuat rak-rak dinding berlapis dengan aksesoris yang berwarna kontras. Pilih karpet yang berbahan tebal untuk menutupi lantai yang terasa kosong. Di samping itu, tambahkan pula bantal hiasan kecil dan aksesoris selimut di sofa atau ruang istirahat di apartemen anda.

Efek layer ini semakin tampak indah jika anda pintar memilih tekstur, bahan, dan ukuran aksesoris tertentu. Jadi ingat untuk selali melakukan bereksperimen dengan sekian banyak pilihan yang ada.

Gaya “Mengapung” yang Keren

Furnitur besar dan padat akan menciptakan ruangan apartemen terasa semakin sempit. Pilih furnitur yang punya konsep “mengapung”, contohnya sofa dengan kaki peyangga yang tipis atau kabinet dan wastafel gantung yang bertumpu pada dinding.

Variasi antara perabot biasa dengan gaya “mengapung” menarik ini akan membuat komposisi apartemen yang lebih maksimal dan nyaman anda ditinggali.
Disqus Comments