Kamis, 29 Maret 2018

Berlibur di Kota Pahlawan Surabaya

Kota pahlawan yang merupakan sebutan dari kota Surabaya ini. Dikarenakan tidak sedikit pahlawan yang berasal dari kota Surabaya dalam memperjuangkan kebebasan bangsa kita di masa lampau. Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur juga. Di samping itu, Surabaya pantas untuk dikunjungi sebab terdapat tempat wisata.

Berlibur di Kota Pahlawan Surabaya

Di samping sejarah sebagai pesona tersendiri dalam menjadi sebuah lokasi wisata, kota Surabaya pula mempunyai potensi alam sebagai lokasi berwisata lainnya. Dan bila anda beserta keluarga atau teman anda ingin tinggal beberapa lama di kota ini, anda dapat sewa apartemen Surabaya atau bermalam di sebuah hotel.

Bila anda mempunyai agenda untuk mendatangi kota Surabaya, berikut tempat-tempat wisata yang direkomendasikan untuk anda kunjungi jika ingin liburan di Surabaya dan sekitarnya:

1. Jembatan Suramadu
Jika anda berencana mendatangi kota pahlawan ini, tidak terdapat salahnya anda mengunjungi pulau Madura juga. Di samping akses melalui jalur air, dari Surabaya ke pulau Madura juga dapat ditempuh melewati jalur darat. Sekarang telah dibangun jembatan Suramadu, yang menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Karena panjang yang dimilikinya adalah 5.438 meter.

Bentangan cable stayed dari baja dan lengkungan tinggi di tengah jembatan yang memang menjadi karakteristik arsitektur Jembatan Suramadu ini, supaya kapal-kapal yang membawa penumpang ke Pulau Madura masih dapat melintas di bawahnya. Namun anda perlu waspada ketika berkendara, dikarenakan tidak sedikit kendaraan yang berhenti untuk hanya sebatas berfoto merasakan kemegahan dan keindahan Jembatan Suramadu ini.

2. Taman Bungkul Surabaya
Taman Bungkul Surabaya adalah salah satu lokasi yang tak kalah unik untuk kamu kunjungi. Bagi anda yang menyenangi suasana hijaunya dedaunan, sangat sesuai untuk mengunjungi tempat ini. Berlokasi di Jl. Raya Darmo, taman ini menjadi salah satu di antara wisata yang murah meriah untuk warga sekitar.

Ada juga kemudahan yang ditawarkan oleh Taman Bungkul ini yakni jalur jogging, arena BMX dan skateboard, kios makanan kaki lima, telepon umum, taman hijau dengan air mancur serta wifi gratis. Bagi anak-anak ada pun arena bermainnya seperti, jungkat-jungkit, prosotan, ayunan, dan sebagainya. Dengan kemudahan itu, tak heran semua pengunjung kerasan berlama-lama sedang di sana.

3. Kebun Binatang Surabaya
Berlokasi di Jalan Setail Nomor 1 Surabaya, kebun binatang ini menjadi salah satu tujuan rekreasi yang unik di Surabaya. Tempatnya di depan patung yang menjadi ikon kota Surabaya yakni patung ikan hiu dan buaya. Banyak koleksi satwa pribumi Indonesia di dalamnya mulai dari ikan, reptil, burung, dan mamalia. Satwa dari negara lain pun pun ada. Ini sangat sesuai sebagai wisata edukasi untuk anak-anak anda, atau untuk para pelajar.

4. Monumen Jalesveva Jayamahe
Jika Liberty menjadi menjadi patung legendaris di Amerika, Indonesia juga punya Monumen Jalesveva Jayamahe. Berlokasi di area Armada TNI Angkatan Laut, Monumen Jalesveva Jayamahe adalah sosok perwira TNI Angkatan Laut yang berseragam dengan senjata pedang yang menjadi kehormatannya.

5. House Of Sampoerna
Mendengar kata Sampoerna, pasti anda langsung menilik kepada salah satu merk rokok? Anda tidak salah. Karena memang Surabaya menjadi saksi produsen cerutu kretek yang familiar di Indonesia ini, dan bahkan memiliki museum cerutu sendiri. Anda dapat mengunjungi Museum Of Sampoerna untuk umum, meskipun kini perusahaan ini telah menjadi properti perusahaan asing. Anda dapat mengunjunginya untuk menyaksikan sebuah sejarah dari perusahaan familiar dalam proses penciptaan rokoknya hingga silsilah famili sang pemilik Sampoerna.

Museum ini sangat unik untuk dikunjungi ketika anda berada di kota Surabaya, walaupun anda bukan seorang pengisap rokok. Aroma tembakau akan terhirup ketika anda mulai menginjak gedung Museum ini, interior-interiornya yang bernuansa kolonial klasik bakal membuat kamu berdecak kagum. Tidak sama dengan museum yang anda ketahui, museum ini diatur sangat apik dan dirawat dengan baik sehingga mata anda puas untuk menikmati pemandangannya. Di samping itu, anda juga bakal semakin nyaman sebab di dalam ruangan di lengkapi dengan mesin pendingin udara di dalamnya.

Anda tidak perlu merogoh kocek untuk dapat masuk ke dalam museum ini alias gratis. Adannya tour guide yang siap menginformasikan apa saja yang terdapat dalam museum tersebut serta perjalanan yang unik untuk berkeliling kota Surabaya dengan bus yang telah disediakan oleh tour guide Surabaya Heritage Track yang disediakin setiap harinya.

6. Tugu Pahlawan Surabaya
Bertempat di dataran yang luas, Tugu Pahlawan ini berbentuk paku terbalik yang berupa tiang tinggi. Tugu ini pun dijadikan monumen sebagai tempat memperingati jasa pahlawan yang berusaha dengan berani, serta angka 10-11-1945 dipilih sebagai landasan dalam membina tugu yakni menjadi jumlah panjang, ruas, dan lengkung dari tugu ini.

Berlokasi di depan kantor gubernur kota Surabaya yang terletak di pusat kota ini, Tugu Pahlawan menyuguhkan pemandangan yang unik seperti patung-patung semua pejuang kemerdekaan, serta anda akan melihat pemandangan ketika pembacaan teks proklamasi pada masa lalu. Di samping itu, terdapat mobil yang pernah Bung Tomo pakai pada masa itu, bermacam-macam senjata perang, serta kendaraan-kendaraan yang di pakai berperang pada zaman itu.

Dan tak jauh dari tempat Tugu, terdapat museum yang bisa keluarga anda kunjungi yakni Museum Tugu Pahlawan. Tenang saja, ini cuma-cuma untuk anda yang pelajar atau mahasiswa, sementara bagi anda pengunjung umum di kenakan biaya sebesar lima ribu rupiah saja.
Disqus Comments